Begini Cara Melacak HP Android yang Hilang Langsung ke konten utama

Begini Cara Melacak HP Android yang Hilang

pixabay.com Cara Melacak HP Android yang Hilang  – Setiap orang tentu saja tak menginginkan  HP Android  kesayangannya hilang, apalagi dicuri orang. Namun, namanya musibah tak ada yang tahu. Sewaktu-waktu bisa terjadi, dan tanpa kita duga. Kehilangan barang semacam HP android, apalagi yang harganya tidak murah alias mahal tentu menjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Tapi, kalau pun ini terjadi, harusnya kita masih bisa berbuat sesuatu, seperti melacak keberadaannya sehingga kita bisa menemukannya kembali, atau paling tidak kita bisa mengunci smartphone tersebut. Pada prinsipnya hampir semua sistem operasi memiliki pengaturan pelacakan keberadaan sebuah smartphone. Namun demikian, tidak semua pengguna smartphone mengetahui prosedur dan pengaturannya. Cara Melacak HP Android yang Hilang Nah,  bagaimana cara melacak HP Android yang hilang  ?. Ada langkah preventif yang seharusnya dilakukan sebelum terjadi/ kejadian smartphone android Anda hilang. Sebaiknya langkah ini mesti Anda lakuka

Begini Cara Melacak HP Android yang Hilang

Cara Melacak HP Android yang Hilang
pixabay.com


Cara Melacak HP Android yang Hilang – Setiap orang tentu saja tak menginginkan HP Android kesayangannya hilang, apalagi dicuri orang. Namun, namanya musibah tak ada yang tahu. Sewaktu-waktu bisa terjadi, dan tanpa kita duga. Kehilangan barang semacam HP android, apalagi yang harganya tidak murah alias mahal tentu menjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

Tapi, kalau pun ini terjadi, harusnya kita masih bisa berbuat sesuatu, seperti melacak keberadaannya sehingga kita bisa menemukannya kembali, atau paling tidak kita bisa mengunci smartphone tersebut.

Pada prinsipnya hampir semua sistem operasi memiliki pengaturan pelacakan keberadaan sebuah smartphone. Namun demikian, tidak semua pengguna smartphone mengetahui prosedur dan pengaturannya.

Cara Melacak HP Android yang Hilang

Nah, bagaimana cara melacak HP Android yang hilang ?. Ada langkah preventif yang seharusnya dilakukan sebelum terjadi/ kejadian smartphone android Anda hilang. Sebaiknya langkah ini mesti Anda lakukan sesaat setelah membeli smartphone android yang baru. Langkah sederhana, tapi akan sangat berguna saat dibutuhkan.

Berikut langkah pengaturannya :

  • Masuk ke menu Setting
  • Pilih Security/ Keamanan 
  • Pilih Device Administrator / administrasi perangkat 
  • Silahkan pilih Android device manager / pengelola perangkat android 
  • Kemudian tekan activate / aktifkan.
  • Setelah Anda melakukan pengaturan seperti diatas, maka HP Android Anda sudah memiliki sistem pelacakan yang terintegrasi dengan akun google yang terpasang pada HP android tersebut. Anda, mesti mencatat dan mengingat dengan baik akun google yang terkait dengan HP Android tersebut, dalam hal ini : user name, dan password. Karena, akun Google Anda lah yang dibutuhkan pada saatnya nanti untuk pelacakan.

    Tentu saja, tanpa sebelumnya Anda mengaktifkan pengaturan seperti diatas pada smartphone android yang Anda miliki, maka pada saat smartphone Anda hilang tidak akan bisa dilacak.

    Bagaimana cara melacak HP Android yang hilang, kalau sebelumnya sudah dilakukan pengaturan pada Android Device Manager, seperti tersebut diatas ?. Caranya adalah sebagai berikut.

    1. Lakukan pelacakan, melalui PC atau laptop, atau smartphone android lain.

    2. Masuk ke Google Play Store : https://play.google.com/store

    3. Lihat pada pojok kanan atas, ada ikon “roda gerigi”, klik dan pilih “Android Device Manager” / Pengelola Perangkat Android . lihat gambar dibawah ini :

    Setelah itu, maka otomatis browser akan melacak ke posisi smartphone Anda saat itu secara detail, dan kapan terakhir kali online. Anda juga diberikan 3 pilihan sebagai berikut :

  • Ring the device (Deringkan). Akan menimbulkan efek bunyi dering pada smartphone atau tablet Anda selama 5 menit.
  • Lock the device (Kunci Perangkat). Akan mengakibatkan penguncian perangkat android anda sehingga tidak bisa dibuka oleh orang lain.
  • Erase all Data (Hapus Semua Data). Akan menghapus semua data yang tersimpan di perangkat android Anda akan terhapus, termasuk gambar, musik, file dan lain sebagainya.
  • Namun harus juga dipahami bahwa, meskipun perangkat dapat dilacak walaupun GPS dalam keadaan tidak aktif, tapi smartphone tersebut tetap harus dalam kondisi terkoneksi ke internet.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Rekomendasi 6 Aplikasi Penghemat Baterai HP Android

    Dengan berbagai fitur dan fungsi super canggih yang tersemat di dalamnya, kini smartphone android menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan masyarakat modern.

    Bagaimana Cara Menghemat Pemakaian Baterai Smartphone?

    pixabay.com Baterai smartphone yang cepat nge-drop alias kehabisan tenaga sering menjadi kendala kita. Ya, fitur dan aplikasi yang dipakai sekaligus dalam smartphone menjadi salah satu alasan mengapa baterai cepat habis. 

    Panduan Lengkap Cara Menggunakan Snapgram Di Instagram

    Snapgram menjadi pembicaraan yang cukup luas di kalangan para netizen. Mereka (para pengguna Snapchat) mulai migrasi dan move ke SnapGram hal ini dilandasi melihat perkembangan dari jumlah pengguna snapgram yang terus meningkat setiap harinya. Panduan Lengkap Cara Menggunakan Snapgram di Instagram Sedikit penjelasan sebenarnya apasih SnapGram itu? SnapGram adalah  fitur yang dimiliki oleh Instagram yang dapat mengupdate momen ataupun postingan mereka ke instagram tanpa harus masuk ke galleri instagram. Nah semakin kesini saya liat makin banyak yang request pengen dibahas seputar Cara Menggunakan Snapgram. Berhubung ada waktu luang, kita akan bikinkan Panduan Lengkap Cara Menggunakan Snapgram di Instagram (IG) lengkap dengan gambar sehingga dapat memudahkan sobat mempraktekkan tips ataupun tutorial snapgram yang kita buat ini. Serupa dengan Snapchat, Snapgram juga dilengkapi dengan fitur fitur unik di dalamnya seperti menambahkan gambar memberikan Efek garis atau line dan sebagainya. Ha