Cara Mempercepat HP Android yang Lemot Langsung ke konten utama

Begini Cara Melacak HP Android yang Hilang

pixabay.com Cara Melacak HP Android yang Hilang  – Setiap orang tentu saja tak menginginkan  HP Android  kesayangannya hilang, apalagi dicuri orang. Namun, namanya musibah tak ada yang tahu. Sewaktu-waktu bisa terjadi, dan tanpa kita duga. Kehilangan barang semacam HP android, apalagi yang harganya tidak murah alias mahal tentu menjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Tapi, kalau pun ini terjadi, harusnya kita masih bisa berbuat sesuatu, seperti melacak keberadaannya sehingga kita bisa menemukannya kembali, atau paling tidak kita bisa mengunci smartphone tersebut. Pada prinsipnya hampir semua sistem operasi memiliki pengaturan pelacakan keberadaan sebuah smartphone. Namun demikian, tidak semua pengguna smartphone mengetahui prosedur dan pengaturannya. Cara Melacak HP Android yang Hilang Nah,  bagaimana cara melacak HP Android yang hilang  ?. Ada langkah preventif yang seharusnya dilakukan sebelum terjadi/ kejadian smartphone android Anda hilang. Sebaiknya langkah ini mesti Anda lakuka

Cara Mempercepat HP Android yang Lemot

Cara Mempercepat HP Android yang Lemot


Cara Mempercepat Android Anda – Hal yang membuat frustrasi adalah, ketika Anda telah menghabiskan beberapa juta rupiah untuk membeli smartphone kelas premium, hanya untuk menyadari bahwa kinerja yang ditampilkan begitu halus dan cepat ternyata hanya teknik pemasaran belaka.

Begitu juga dengan perangkat kelas mid-range dan low-end bahkan lebih rentan terhadap lag. Ada berbagai cara mempercepat Android Anda, dan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya bekerja lebih efisien.

Berikut Tips dan Cara Mempercepat Android

Pastikan Android Anda Sudah Terbarukan

Perangkat lunak terbaru sering mengandung perbaikan bug dan perbaikan general dan dapat membantu perangkat Android untuk berjalan lebih baik. Pembaruan perangkat lunak cenderung hadir OTA (Over The Air) dan Anda biasanya diminta secara otomatis untuk menginstal mereka, tetapi tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan. Silahkan menuju Settings > About device> Software Update dan kemudian check for updates.

Hal yang sama berlaku untuk aplikasi, jadi segera jalankan Play Store, buka menu di bagian kiri atas dan tekan My Apps dan pastikan semua aplikasi yang anda gunakan sudah up to date.

Bersihkan Layar Utama Anda

Cara mempercepat Android ke 2, Jika Anda memilih untuk menggunakan live wallpaper maka sebaiknya anda mempertimbangkan penggunaan gambar statis dengan tampilan yang anda sukai. Anda juga harus membersihkan setiap ikon yang tidak terpakai dan membatasi widget anda khusus untuk beberapa yang penting saja. Semakin sedikit ikon yang tampil berantakan di home screen anda, semakin baik kinerja handset anda.

Uninstall dan nonaktifkan aplikasi yang tidak terpakai

Anda tentu tidak ingin mengizinkan aplikasi yang tidak pernah anda gunakan untuk menikmati ruang pada perangkat anda dan berpotensi memakan sumber daya sistem. Buka Setting > App dan kemudian gesek ke tab All. Perhatikan daftar panjang yang muncul dan identifikasi aplikasi mana yang tidak Anda inginkan atau butuhkan. Jika Anda ragu-ragu tentang fungsi dari aplikasi-aplikasi tersebut, maka inilah saatnya untuk menuju Google dan melakukan pemeriksaan.

Tab aplikasi yang anda tidak inginkan dan kemudian pilih Uninstall atau, jika opsi tersebut tidak ada, tekan Disable. Apps yang telah dinonaktifkan akan tercantum pada tab baru, sehingga anda selalu dapat memungkinkan fungsi mereka lagi di masa depan jika anda berubah pikiran.

Anda juga harus melihat di Settings > Apps pada Running tab. Beberapa aplikasi memang ingin terus berjalan sepanjang waktu dan aplikasi dapat berdampak serius pada kinerja handset anda. Pikirkan baik-baik apakah anda benar-benar memerlukan apa yang tercantum di sana.

Matikan atau Kurangi Animasi

Cara mempercepat android ke4 adalah membuat perangkat Android anda lebih terlihat begitu cepat dengan mengurangi atau mematikan beberapa animasi. Anda harus mengaktifkan opsi Developer untuk melakukan hal tersebut. Buka Settings > About phone dan gulir ke bawah ke bagian Sistem untuk mencari nomor Build. Tekan tujuh kali pada nomor tersebut dan anda akan melihat pesan tentang rewayat seorang pengembang.

Sekarang anda dapat kembali ke menu sebelumnya dan anda akan melihat opsi Developer terdaftar di bawah Sistem. Klik langsung dan gulirkan ke bawah untuk menemukan skala Jendela animasi, skala transisi animasi, dan skala durasi Animator. Tekan satu per satu dan set ke .5x atau off. Pilih opsi dan cari tahu yang mana yang cocok untuk Anda, jika anda tidak suka, silahkan kembali dan ubah angkanya lagi.

Hapus Data app cache

Data cache untuk aplikasi sebenarnya membantu proses loading menjadi lebih cepat, tetapi mereka dapat menumpuk dari waktu ke waktu dan mengambil banyak ruang serta ada kemungkinan terdapat data cache dari aplikasi yang tidak lagi anda gunakan.

Jika Anda ingin memilih aplikasi tertentu segeralah menuju ke Settings > Apps kemudian slide ke tab All dan tekan pada aplikasi yang anda kehendaki, lalu pilih Clear Cache. Jika anda memutuskan untuk menghapus seluruh cache, buka Settings > Storage dan tekan pada Cached data kemudian tekan OK. Periksa juga CCleaner, app tersebut membersihkan cache aplikasi-aplikasi anda dan membantu melakukan semacam pemeliharaan rutin.

Matikan atau kurangi auto-sync

Sebagian besar dari kita menambahkan daftar account yang berbeda untuk perangkat Android dan kemudian memungkinkan mereka secara otomatis melakukan sinkronisasi di belakang layar (background process) untuk mencari data baru dan memberikan update. Semua sinkronisasi tadi memiliki dampak besar pada kinerja handset, dan juga masa pakai baterai.

Anda bisa masuk ke Setting dan menemukan tab Auto-sync di bawah Account dan anda hanya perlu untuk mematikannya sama sekali, tapi melakukan hal tersebut sepertinya berlebihan bagi kebanyakan orang. Mengapa tidak hanya mengurangi frekuensi sync dan menghapus account yang tidak benar-benar diperlukan? Untuk banyak aplikasi, seperti Facebook, Anda harus membuka aplikasi dan menemukan pengaturan untuk mengurangi frekuensi sync.

Bersihkan partisi Cache

Cara mempercepat android yang ketujuh dalah Partisi cache terpisah dari data cache aplikasi Anda dan berisi file-file sementara. Perlu membersihkannya sekali-kali. Anda harus boot ke recovery mode untuk melakukannya. Metode memasuki mode recovery bervariasi tergantung pada perangkat Anda, tetapi anda dapat menemukannya dengan mudah dengan mencari di Google search. Setelah berada dalam mode recovery anda akan menggunakan tombol volume sebagai navigasi dan tombol daya untuk memilih item. Anda kemudian tinggal memilih untuk menghapus partisi Cache.

Coba Launcher Pihak Ketiga

Beberapa penyesuaian dilakukan oleh OEM bagi perangkat yang mereka produksi. Jika anda ingin mengubah nuansa navigasi, dan melakukan tweak pada beberapa pengaturan untuk membuatnya beroperasi lebih cepat, maka anda mungkin akan menemukan bahwa sebuah launcher dari pihak ketiga dapat melakukan hal tersebut. Coba sesuatu seperti seperti Nova Launcher, Go Launcher EX, atau Apex Launcher. Lakukan eksperimen dengan pengaturan dan anda akan menemukan bahwa perangkat anda akan terasa jauh lebih cepat.

Cara Mempercepat Android dengan Melakukan factory reset

Hal ini adalah sebuah langkah drastic untuk dilakukan, tetapi beberapa orang merekomendasikan agar anda melakukan factory reset secara berkala jika anda ingin perangkat Anda berjalan dalam kondisi prima. Hal tersebut adalah jalan pintas untuk membersihkan perangkat Anda dan menyingkirkan sampah apapun yang telah terakumulasi, namun dengan melakukannya sama sama saja anda menghapus semua data dan pengaturan. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya maka pastikan anda telah membuat cadangan atas semua hal yang penting bagi anda terlebih dahulu. Anda dapat menemukan pilihan untuk melakukannya di Settings > Backup&reset > Factory data reset.

Overclock perangkat Anda

Salah satu alasan anda menemukan perbedaan kinerja antara perangkat Android lain dengan prosesor dasarnya sama, adalah bahwa beberapa OEM membatasi kecepatan untuk mengurangi panas dan memperpanjang masa pakai baterai. Jika anda bersedia untuk melakukan root pada handset Android, maka anda dapat melakukan overclock dengan menggunakan sebuah aplikasi seperti SetCPU atau Android Overclock. Perlu diingat untuk melakukan hal ini dengan sangat hati-hati.

Install custom ROM

Cara mempercepat Android yang terakhir adalah rooting pada perangkat Android anda ternyata tidak secara otomatis akan menawarkan peningkatan kinerja, tapi dengan custom ROM, bisa. Untuk beberapa perangkat yang tidak lagi diperbarui, Custom ROM adalah cara untuk mendapatkan versi terbaru dari Android. Anda juga dapat menemukan Custom ROM yang membuang bloatware seluruhnya dan menawarkan beberapa modifikasi dan tweak yang menarik. Anda harus melakukan beberapa penelitian untuk menemukan kustom ROM yang tepat untuk handset Anda.

Demikianlah 11 Cara mempercepat Android Anda untuk menjalankan perangkat yang benar-benar efektif dan efisien sehingga tidak menghambat pekerjaan Anda. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi 6 Aplikasi Penghemat Baterai HP Android

Dengan berbagai fitur dan fungsi super canggih yang tersemat di dalamnya, kini smartphone android menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan masyarakat modern.

Bagaimana Cara Menghemat Pemakaian Baterai Smartphone?

pixabay.com Baterai smartphone yang cepat nge-drop alias kehabisan tenaga sering menjadi kendala kita. Ya, fitur dan aplikasi yang dipakai sekaligus dalam smartphone menjadi salah satu alasan mengapa baterai cepat habis. 

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Snapgram Di Instagram

Snapgram menjadi pembicaraan yang cukup luas di kalangan para netizen. Mereka (para pengguna Snapchat) mulai migrasi dan move ke SnapGram hal ini dilandasi melihat perkembangan dari jumlah pengguna snapgram yang terus meningkat setiap harinya. Panduan Lengkap Cara Menggunakan Snapgram di Instagram Sedikit penjelasan sebenarnya apasih SnapGram itu? SnapGram adalah  fitur yang dimiliki oleh Instagram yang dapat mengupdate momen ataupun postingan mereka ke instagram tanpa harus masuk ke galleri instagram. Nah semakin kesini saya liat makin banyak yang request pengen dibahas seputar Cara Menggunakan Snapgram. Berhubung ada waktu luang, kita akan bikinkan Panduan Lengkap Cara Menggunakan Snapgram di Instagram (IG) lengkap dengan gambar sehingga dapat memudahkan sobat mempraktekkan tips ataupun tutorial snapgram yang kita buat ini. Serupa dengan Snapchat, Snapgram juga dilengkapi dengan fitur fitur unik di dalamnya seperti menambahkan gambar memberikan Efek garis atau line dan sebagainya. Ha