Cara Upgrade Android secara Online maupun Offline Langsung ke konten utama

Begini Cara Melacak HP Android yang Hilang

pixabay.com Cara Melacak HP Android yang Hilang  – Setiap orang tentu saja tak menginginkan  HP Android  kesayangannya hilang, apalagi dicuri orang. Namun, namanya musibah tak ada yang tahu. Sewaktu-waktu bisa terjadi, dan tanpa kita duga. Kehilangan barang semacam HP android, apalagi yang harganya tidak murah alias mahal tentu menjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Tapi, kalau pun ini terjadi, harusnya kita masih bisa berbuat sesuatu, seperti melacak keberadaannya sehingga kita bisa menemukannya kembali, atau paling tidak kita bisa mengunci smartphone tersebut. Pada prinsipnya hampir semua sistem operasi memiliki pengaturan pelacakan keberadaan sebuah smartphone. Namun demikian, tidak semua pengguna smartphone mengetahui prosedur dan pengaturannya. Cara Melacak HP Android yang Hilang Nah,  bagaimana cara melacak HP Android yang hilang  ?. Ada langkah preventif yang seharusnya dilakukan sebelum terjadi/ kejadian smartphone android Anda hilang. Sebaiknya langkah ini mesti Anda lakuka

Cara Upgrade Android secara Online maupun Offline

Cara Upgrade Android secara Online maupun Offline
pixabay.com


Teknologi kini ada di genggaman tangan. Smartphone telah mampu mengubah tatanan dunia. Pengguna smartphone tentunya sudah akrab dengan (Operating System) OS android. OS ini terus di-upgrade dari waktu ke waktu oleh pabrikannya. OS dengan versi yang lama, misalnya terbitan 2 tahun yang lalu, akan terlihat jadul dan tidak mendukung beberapa aplikasi terbaru. Oleh karena itu produsen smartphone biasanya menyediakan upgrade OS agar kinerja smartphone mereka tetap handal dan mendukung aplikasi terbaru.

Persiapkan sebelum upgrade Android

Persiapan yang benar diperlukan agar prosees upgrade berlangsung lancar dan tidak putus di tengah jalan. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mempraktekkan cara upgrade android versi terbaru.

  • Back up semua data penting di ponsel anda ke PC ataupun laptop. Hal ini penting jika anda tidak ingin menangis kehilangan data penting.
  • Cek kondisi baterai, sebaiknya baterai dalam kondisi normal dan terisi penuh.
  • Teliti kondisi kabel data, pastikan benar-benar dapat menghubungkan komputer/laptop dengan ponsel.
  • Cek driver ponsel apakah sudah terpasang dengan benar pada PC dan dapat terbaca.
  • Pastikan tool yang dipilih sesuai dengan tipe ponsel.
  • Yang terakhir pastikan microSD anda mencukupi kapasitasnya.

Cara Upgrade Android secara online vs offline

Ada 2 macam cara upgrade android dari versi lama ke versi terbaru, yaitu secara online dan secara offline. Upgrade secara online sangat mudah. Biasanya jika ada OS versi terbaru, pada android Samsung akan otomatis muncul notifikasi di status bar. Klik pada notifikasi tersebut maka OS akan ter-upgrade secara otomatis. Namun, untuk ini anda membutuhkan koneksi internet yang cukup stabil untuk meminimalkan resiko “corrupted” atau terputus.

Cara yang kedua adalah upgrade secara offline. Cara ini agak sulit, lebih-lebih bagi pengguna pemula. Perangkat yang dibutuhkan adalah komputer atau laptop dan kabel data. Sebelumnya teliti dahulu sistem operasi android dengan klik menu setting lalu klik about. Langkah yang pertama untuk upgrade secara offline adalah download rom yang sesuai dengan ponsel. Selanjutnya downloadtool. Bila sudah selesai, lakukan proses flashing, yaitu menggantikan sistem operasi yang lama dengan sistem operasi baru.

Mengapa proses upgrade android gagal?

Namun sayang, Banyak orang yang gagal menerapkan cara upgrade android, padahal mereka sudah mengacu pada situs web atau media cetak yang tepat. Kegagalan tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain baterai saat upgrade online kurang dari 50% sehingga ponsel kehabisan daya untuk melakukan upgrade sistem operasi, dan karena jaringan internet tidak mendukung (sinyal putus-putus atau kuota internet telah habis).

Selain itu, kegagalan upgrade bisa terjadi karena file ROM yang di-download corrupt, ROM tidak sesuai dengan tipe ponsel dan koneksi ponsel ke komputer yang terputus saat proses upgrade. Anda ingin upgrade sendiri? Pasti bisa. Lakukan langkah-langkah tersebut di atas. Ada kebanggaan jika kita mampu mandiri mengutak-ngatik ponsel kepunyaan kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi 6 Aplikasi Penghemat Baterai HP Android

Dengan berbagai fitur dan fungsi super canggih yang tersemat di dalamnya, kini smartphone android menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan masyarakat modern.

Bagaimana Cara Menghemat Pemakaian Baterai Smartphone?

pixabay.com Baterai smartphone yang cepat nge-drop alias kehabisan tenaga sering menjadi kendala kita. Ya, fitur dan aplikasi yang dipakai sekaligus dalam smartphone menjadi salah satu alasan mengapa baterai cepat habis. 

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Snapgram Di Instagram

Snapgram menjadi pembicaraan yang cukup luas di kalangan para netizen. Mereka (para pengguna Snapchat) mulai migrasi dan move ke SnapGram hal ini dilandasi melihat perkembangan dari jumlah pengguna snapgram yang terus meningkat setiap harinya. Panduan Lengkap Cara Menggunakan Snapgram di Instagram Sedikit penjelasan sebenarnya apasih SnapGram itu? SnapGram adalah  fitur yang dimiliki oleh Instagram yang dapat mengupdate momen ataupun postingan mereka ke instagram tanpa harus masuk ke galleri instagram. Nah semakin kesini saya liat makin banyak yang request pengen dibahas seputar Cara Menggunakan Snapgram. Berhubung ada waktu luang, kita akan bikinkan Panduan Lengkap Cara Menggunakan Snapgram di Instagram (IG) lengkap dengan gambar sehingga dapat memudahkan sobat mempraktekkan tips ataupun tutorial snapgram yang kita buat ini. Serupa dengan Snapchat, Snapgram juga dilengkapi dengan fitur fitur unik di dalamnya seperti menambahkan gambar memberikan Efek garis atau line dan sebagainya. Ha